Senin, 26 Mei 2014



KISI-KISI ULANGAN UMUM SEMESTER II TH. AJARAN 2013-2014

KISI-KISI
PG
ISIAN
ESAY




SEMESTER I



1.       MENULIS PROPOSAL PENELITIAN
1  (1)

-
2.       SURAT RESMI
2 (1)
11 (2)

3.       WACANA PETUNJUK

12, 13 (4)

4.       MEMBACA LAPORAN PERJALANAN
3 (1)

24 (5)
5.       DRAMA
4 (1)






SEMESTER II



1.       MEMBACA DAN MENULIS BERITA
5, 6 (2)
14, 15 (4)
 21 (4)
2.       MENULIS RESENSI BUKU
7 (1)
16, 17 (4)

3.       SLOGAN DAN POSTER


22 (5)
4.       PUISI
8 (1)
18 (2)
23 (2)
5.       SASTRA : MEMBACA NOVEL  DAN UNSUR INTRINSIKNYA
9, 10 (2)
19, 20 (4)
25 (4)
JUMLAH SKOR
10
20
20
JUMLAH NOMOR
10
10
5
  

















Bacalah wacana berikut ini dengan seksama!
Masalah yang dialami siswa dalam proses belajarnya perlu diperhatikan dan ditangani dengan lebih serius karena dapat mempengaruhi prestasi belajarnya. Kita perlu mengetahui permasalahan-permasalahan yang menyebabkan prestasi siswa tidak dapat meningkat.
Guru menjadi salah satu ujung tombak keberhasilan prestasi belajar siswa di sekolah. Kualitas guru sebagai fasilitator di sekolah sangat mempengaruhi proses belajar dan prestasi akademik siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar tidak jarang para siswa mengeluhkan kualitas guru dan teknik mengajar mereka yang kurang memadai sehingga proses belajar mereka tidak dapat maksimal.
Penelitian ini akan membahas lebih dalam tentang Dampak Kualitas dan Teknik Mengajar Guru terhadap Prestasi Akademik Siswa di SD PGRI Tanah Merah-Sepatan.

 
 
1.     Dilihat dari isinya, wacana di atas adalah cuplikan proposal penelitian pada bagian ...

2.     Anda akan mengirim surat yang ditujukan kepada Bapak Albertus Wiriadi selaku Head of Maintenance.
Penulisannya alamat tujuan surat yang benar adalah …

Bacalah wacana berikut ini dengan seksama!
a.        Alat tersebut dinamakan seksek karena diambil dari gesekan bambu dan benangnya.
b.        Sesampainya disana, saya langsung mencoba makanan khas Lombok, ayam taliwang dan plecing kangkung.
c.  Satu songket butuh waktu 3-4 bulan yang semuanya dikerjakan oleh perempuan di serambi muka rumahmereka.
d.        Liburan hari raya tahun ini saya pergi ke Lombok bersama keluarga.
e.         Baik ayam maupun kangkungnya, sama-sama pedas!
f.          Rumah kampung Sasak, suku asli di Lombok, tidak kenal batu bata.
g.         Puas rasanya empat hari tiga malam saya berada di Lombok sebelum akhirnya kembali ke Jakarta.
h.         Setelah kenyang, saya melihat cara pembuatan kain songket menggunakan seksek.
i.       Saya juga menyempatkan diri melihat taman laut gili trawangan, karena terumbu karang dan ikan-ikannya sangat bagus sekali.
j.           Lantainya dibuat daripada campuran kotoran kerbau dan tanah liat.

 
 
3.     Agar tersusun menjadi wacana yang baik, urutan kalimat-kalimat yang runtut adalah ....


Bacalah wacana berikut ini dengan seksama!
Ayah Romeo (Montaque) : Di mana Romeo anak kita? Apakah ia terlibat dalam perkelahian itu?
Benvolio                           : Tidak, Paman. Ia pergi sendirian semalaman.
Ibu Romeo                        : Oh, syukurlah. Aku sudah menduga. Anakku bukanlah seorang yang berhati keras dan kasar.
Ayah Romeo                     : Apa maksudmu?
Ibu Romeo                        : Sudahlah, hentikan permusuhanmu dengan keluarga Capulet. Tidak lelahkah kau meladeni mereka?
Ayah Romeo                     : Aku tidak terima bila mereka menginjak-injak martabatku, menghina keluarga Montaque yang terhormat.
Ibu Romeo                        : Oh, suamiku, sampai kapan api kebencian ini terus menyala?
Ayah Romeo                     : SELAMANYA!



 
 
 
4.     Konflik yang terjadi dalam kutipan naskah drama di atas adalah ....

Perhatikan kutipan berita berikut ini!
Kemacetan panjang terjadi di daerah Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (22/5/2014) pagi, dampak dari rubuhnya tiang traffic light.


 
 
5.      Unsur-unsur fakta yang terkandung dalam kalimat berita di atas adalah ....

Perhatikan kutipan berita berikut ini!
Untuk membantu mengamankan jalannya UN, sebanyak 187 personel kepolisian diturunkan di wilayah Jakarta Barat.


 
 

 6.       Kalimat di atas mengandung unsur-unsur fakta ...

Bacalah wacana berikut ini dengan seksama!
Masih ada sejumlah kata-kata yang kemungkinan sulit dicerna oleh pelajar Sekolah Menengah Pertama(SMP) padahal seharusnya buku semacam ini sudah dapat dibaca oleh siswa SMP yang pada saat itu mulai menginjak masa remaja. Gambar ilustrasi yang digunakan masih kurang sehingga memungkinkan terjadi kepenatan saat membaca. Motivasi dalam buku ini harus dianalisis karena minimnya pemaparan langsung penulis atau sejumlah ahli, seharusnya buku psikologi remaja semacam ini mengangkat kata-kata bijak ahli tentang materi yang berkaitan dengan bahasan setiap sub bab.
Di dalam buku ini terdapat berbagai keterampilan dasar dalam bercocok tanam. Seharusnya anak – anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaaat jika anak itu sendiri sering membaca buku ini dan berbagai buku pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.

 
 
  
7.       Kutipan resensi di atas memaparkan tentang ...

Perhatikan kutipan puisi berikut ini!


Doa
Karya : Amir Hamzah
Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita,
Kekasihku?      
        Dengan senja samar sepoi, pada masa purnama
        meningkat naik, setelah menghalaukan panas
        payah terik
Angin malam menghembus lemah, menyejuk badan, melambung
rasa menayang pikir, membawa angan ke bawah kursiMu.
        Hatiku terang menerima kataMu, bagai bintang
        memasang lilinnya.
...


 
 














8.      Tema kutipan puisi di atas adalah ...
Bacalah kutipan novel berikut ini dengan seksama!
Bayu tak percaya bahwa tubuh yang dilihatnya tadi pagi adalah Erwin. Terbaring kaku. Bayu juga tidak percaya bahwa yang dimakamkan itu adalah Erwin. Bahkan, Bayu benar-benar masih menganggapnya sebuah mimpi ketika meninggalkan pemakaman.
“Bayu… makan dulu. Sudah jam dua.” Kata Ibu di pintu kamar.
(dikutip dari novel “Mimpi Sang Garuda” karya Benny Rhamdani)


 
   
9.     Setting waktu dan setting tempat dalam kutipan novel di atas adalah …
10.  Suasana Bayu dalam kutipan cerita di atas adalah …

Bacalah kutipan surat di bawah ini dengan seksama!
(a) _________________ dengan akan berakhirnya kegiatan belajar-mengajar semester I tahun ajaran 2013-2014, kami, Pengurus OSIS, akan mengadakan kegiatan Class Meeting. Untuk itu, kami mengajukan (b) ____________ Gymnasium beserta fasilitasnya untuk kegiatan yang akan diadakan pada
                              Tanggal                        : 15-16 Desember 2009
                              Waktu                           : pk. 08.00 – 13.00
                              Tempat                         : Gymnasium
                              Rincian peminjaman       :           - Tempat Gymnasium
                                                                              - Bola basket
                                                                              - Net badminton


 
 
 
11.    Lengkapilah isi kutipan surat di atas dengan mengisi bagian-bagian yang rumpang dengan kata-kata yang tepat!

Perhatikan penggalan data buku telepon berikut!
Ismail, pengacara, Jalan Jati no. 22 ............................................................................... 78997788
Ismail Matdoan, guru les privat, Jalan KH Mas Mansur no.45 ....................................... 39123456
Ismatohir, distributor tahu, Jalan Rambutan ................................................................... 8497878
Ismail, H. Marzuki, Los A-1 no. 11 Pasar Tanah Abang ................................................. 3923148

 
 
 12.    Ibu Nani ingin mencarikan guru les privat untuk Tanti, anaknya. Untuk itu, ia ingin bertemu langsung dengan guru tersebut. Siapa orang yang harus ia hubungi dan di mana alamatnya?
       
13.    Pada arisan tersebut Ibu Tirta berkesempatan menjual tahu isi baso pesanan para ibu.
        Siapakah orang yang harus ia hubungi?                                                                             

Bacalah kutipan berita di bawah ini dengan seksama!
JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan sejak Kamis (18/2/2010) dini hari kembali menyebabkan banjir di beberapa lokasi di Jakarta. Genangan air, antara lain, merambah kawasan Kelurahan Bidara Cina dan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Ketinggian banjir di dua kelurahan tersebut berkisar 50-150 sentimeter.

 
  14.  Apakah penyebab peristiwa yang terjadi pada wacana di atas?
15.  Berdasarkan isinya, wacana di atas tergolong jenis hard news. Jelaskan alasannya!

Bacalah wacana di bawah ini dengan seksama!
Isi buku yang berjudul “Pelangi Bahasa Sastra dan Budaya Indonesia” karangan Yuana Agus Dirgantara ini sudah lengkap sehingga tidak memerlukan buku referensi yang lain lagi  dan sangat cocok untuk dibaca khususnya bagi para calon guru Bahasa. Buku yang diterbitkan tahun 2012 oleh Penerbit Garudhawaca Digital Book and POD setebal 167 halaman ini memiliki banyak manfaat dan keuntungan yang dapat kita ambil setelah membacanya. Dengan harga sebesar Rp 42.000, 00, buku ini memberikan banyak ilmu pengetahuan baru yang mungkin selama ini sering kita  lupakan. Penjelasan yang diberikan pada buku ini cukup jelas dan mudah untuk dipahami maknanya. Penulisannya juga sudah sistematis sehingga tidak membingungkan pembaca.
Dalam buku ini adalah masih terdapat beberapa kata yang dalam penulisannya kurang tepat dan tidak sesuai dengan EYD. Selain itu, penulis juga kurang kreatif dalam memberikan cover pada buku ini. Akan lebih menarik apabila buku ini cover depannya diberi sentuhan gambar agar dapat menarik perhatian pembaca.

 
 
16.  Jelaskan kelebihan dan kelemahan buku tersebut!                                                                
17.  Bagaimanakah kritikan untuk buku ini dapat tampil dengan lebih menarik dan berkualitas?

Bacalah kutipan puisi di bawah ini dengan seksama!

Orang Tua dan Pemain Gitar

Memberi jiwa pada tali-tali gitar
Kesepuluh jari-jarinya berbulu
Bagai udara di dalam sumur bergetar
Simpanan pekik nestapa
(Rendra)

 
 



18.  Sebutkan baris puisi di atas yang mengandung majas simile!

Bacalah kutipan cerita di bawah ini dengan seksama!
You Are My Inspiration
            Di kantin sekolah tampak Ineke duduk menatap monitor. Jari-jarinya reflek menekan satu demi satu tombol laptop. Dalam sekejap tercipta beberapa buah kalimat yang indah. Sekali-kali dia memandang Anton, seorang cowok yang sedang ngobrol dengan Anisa, tak jauh darinya, kemudian meneruskan pekerjaannya. Diana dan Hilde menghampiri dan membaca kalimat itu. Keduanya memuji kelihaian Ineke, kemudian menanyakan rahasianya. Ineke bilang kalau membuat cerpen itu mudah asalkan mau berlatih dengan tekun dan rutin.
            Anton masih asyik ngobrol dengan Anisa. Sekali-kali keduanya tersenyum dan saling menatap mesra. Namun tiba-tiba Anisa berdiri dengan muka merah, dan dengan telunjuk mengarah ke wajah Anton. Adu mulutpun terjadi. Keadaan itu mengundang perhatian seluruh siswa dalam kelas, namun mereka tak berani mendekatinya, karena hampir semua siswa tahu siapa Anisa. Cewek yang tak pernah takut sama siapapun juga, termasuk oleh guru-gurunya. Ineke hanya tersenyum. Kejadian ini telah menjadi inspirasinya.

 
 
 


19.  Apakah tema cerita di atas?                                                                                                
20.  Unsur intrinsik apakah yang terdapat pada paragraf kedua pada cerita di atas!

Bandingkan kedua poster berikut ini!
poster-pemiluposter 1                                                                               
















21.  Buatlah perbandingan berdasarkan kriteria berikut ini! (skor : 5)
No.
Aspek yang diamati
Poster 1
Poster 2
a.
Kejelasan konsep / pesan yang ingin disampaikan


b.
Prosporsi poster (teks, grafis, dan ruang kosong)


c.
Kelengkapan unsur poster (gambar dan ilustrasi, data, dsb)


22.  Buatlah puisi 1 bait dengan ketentuan sebagai berikut :
a.     Tema : cinta tanah air
b.    Mengandung rima kembar (A-A-B-B)
c.     Diberi judul yang menarik dan sesuai dengan tema
d.    Terdapat majas personifikasi (digarisbawahi dan dinamai)

Bacalah wacana di bawah ini dengan seksama dan jawablah soal no. 13 dan 14 berdasarkan wacana tersebut!
(a)        Setelah kenyang, saya melihat cara pembuatan kain songket menggunakan seksek.
(b)        Sesampainya di sana, saya langsung mencoba makanan khas Lombok, ayam taliwang dan plecing kangkung yang rasanya sangat pedas!
(c)        Satu songket butuh waktu 3-4 bulan yang semuanya dikerjakan oleh perempuan di serambi muka rumah mereka.
(d)        Liburan hari raya tahun ini saya pergi ke Lombok bersama keluarga.
 (e)       Rumah kampung Sasak, suku asli di lombok, tidak mengenal batu bata, melainkan daripada kotoran kerbau dan tanah liat.
(f)         Puas rasanya empat hari tiga malam saya berada di Lombok sebelum akhirnya kembali ke Jakarta.



 
 


 23.  Jawablah soal-soal berikut ini berdasarkan wacana di atas!
a.     Urutkanlah kalimat-kalimat dalam wacana di atas agar menjadi runtut!           
b.    Tentukanlah 2 kesalahan berbahasa yang terdapat pada wacana di atas dan perbaikilah kesalahan tersebut dengan mengisi tabel berikut ini!                 
No.
Kesalahan Berbahasa
Perbaikan
1


2



Bacalah kutipan novel berikut ini dengan seksama!
Pak Darmo membagikan kertas lembaran itu, anak-anak pun membaca dan memahaminya. Lalu ia memeriksa tugas yang dikumpulkan tadi. Tiba-tiba Bapak Kepala Sekolah datang dan masuk ke dalam kelas.
“Permisi Pak Darmo... Saya minta waktu sebentar,” kata Bapak Kepala Sekolah di depan kelas.
“Silakan, Pak! Memang jam mengajar saya juga sudah selesai.”
“Anak-anak, maaf Bapak mengganggu kalian belajar. Sebentar, Bapak ke sini mau memanggil anak yang bernama Lili. Yang bernama Lili, acungkan tangan.”
Lili mengacungkan tangannya, “ Saya, Pak!”
“Ikut ke ruangan Bapak sebentar. Ada yang mau Bapak bicarakan!”
“Baik, Pak, jawab Lili.
Sesampainya di ruang Bapak Kepala Sekolah, Lili duduk tegang di hadapan Bapak Kepala Sekolah.
“ Ada apa ya, Pak sampai saya dipanggil ke ruang Bapak?” Lili bertanya dengan penuh kecemasan.
 “Begini, apa benar kamu sudah menunggak SPP 3 bulan?”
“Iya, Pak.  Memang saya belum membayar uang SPP selama 3 bulan.”
“Kenapa kamu sampai menunggak 3 bulan? apa sebenarnya kamu dikasih uang sama orang tua kamu cuma kamu pakai ?”
Tiba-tiba Lili terisak, “Sungguh, Pak, saya tidak akan berani memakai uang itu. Ayah saya sedang sakit dan sekarang dirawat di rumah sakit.”
“Ya sudah, kalau begitu. Bapak sarankan secepatnya kamu lunasi karena sebentar lagi kamu akan UAN,” jawab Bapak Kepala Sekolah. Setelah itu ia mempersilakan Lili kembali ke kelasnya.




 

 
Jawablah soal-soal berikut ini berdasarkan wacana di atas!
a.     Apakah setting yang terdapat pada wacana di atas?            
Bagaimanakah karakteristik tokoh Lili pada cerita di atas?