Ø DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia memiliki peran dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik di Indonesia dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Ø TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara.
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ø SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
No. | Materi | Menyimak | Berbicara | Membaca | Menulis |
1 | Laporan perjalanan | · Menganalisis laporan · Menanggapi isi laporan | Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar |
| Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar |
|
|
|
|
|
|
2 | Mengajukan Rencana Kegiatan Penelitian
|
|
|
| Menulis proposal dan surat dinas berkenaan dengan kegiatan penelitian dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku |
|
|
|
|
|
|
3 | Mewawancarai pengusaha/ wiraswasta
|
| Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika berwawancara
| · Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi / Buku telepon dengan membaca memindai · Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah | Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif |
|
|
|
|
|
|
4 | Membaca Cepat |
|
| Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit |
|
| Apresiasi Sastra | ||||
5 | Drama | · Menanggapi unsur pementasan naskah drama · Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama |
| Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama | · Menulis kreatif naskah drama 4 babak dengan memperhatikan keaslian ide · Menulis kreatif naskah drama 4 babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama |
Ø TUNTUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan :
1. berpartisipasi secara aktif dalam diskusi kelas dan kegiatan pembelajaran yang lain.
2. memiliki sikap pro-aktif dan kreatif selama pelajaran berlangsung serta di luar kegiatan pembelajaran.
3. selalu mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan secara tepat waktu.
4. Selalu membawa perlengkapan belajar (buku teks, buku catatan, buku latihan, dan teks-teks yang diperlukan untuk pembahasan materi).
Ø KRITERIA PENILAIAN
Kompetensi siswa akan diukur berdasarkan :
· Tes
ü Kuis (15%) dan Ulangan Harian (30%)
Kuis
Kuis tes tertulis (paper and pencil test) dan bersifat mendadak/tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kuis berfungsi untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dan dapat diberikan lebih dari sekali. Kuis diberi nilai.
Ulangan Harian
Ulangan Harian pun merupakan dapat berupa tes tertulis (paper and pencil test) maupun tes unjuk kerja (demonstrative test) yang diberikan pada akhir bab. Bobot dan tingkat kesulitannya lebih tinggi dari kuis dan lebih bersifat uraian serta penjelasan.
ü Mid Tes (15%) dan Final Tes (25%)
Mid tes
Tes tertulis yang dilakukan di tengah-tengah Semester I dan Semester II. Materi mid diambil dari materi pelajaran yang telah disampaikan.
Final Tes (Ulangan Umum)
Tes tertulis dilakukan pada saat akhir Semester I. Bahan final tes Semester I meliputi seluruh pelajaran di Semester I.
· Tugas -tugas
ü Academic Prompt (25%)
Merupakan bentuk penilaian yang mengukur tingkat kognitif dan keterampilan siswa. Penilaian berdasarkan standar yang tertuang dalam rubrik. Academic Prompt tidak terintegrasi dengan pelajaran yang lain. Standar minimum penilaian meliputi: bobot/isi, penampilan (performa), sistematika, dan kreativitas. Waktu pengerjaan relatif singkat. Beberapa contoh meliputi: debat, diskusi, presentasi, menulis, mendengar, unjuk kerja, bermain peran, dll.
ü Projek (30%)
Projek bersifat kompleks dan menantang, menyerupai kondisi riil dalam kehidupan sehari-hari (simulasi dari keadaan riil orang dewasa). Rentang waktu pengerjaannya lebih panjang dibanding Academic Prompt. Penilaiannya menggunakan rubrik. Projek terintegrasi dengan bidang studi Pendidikan Agama, PKn, dan Bimbingan Konseling (BK), dan berupa tugas individu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar