DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia memiliki peran dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik di Indonesia dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara.
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
No. | Materi | Menyimak | Berbicara | Membaca | Menulis |
1 | Membawakan Acara | Menyaksikan suatu acara dan menanggapi penyajian acara tersebut serta penampilan pembawa acaranya | Membawakan acara menggunakan bahasa yang komunikatif dan efektif |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 | Slogan dan Poster |
|
|
| Membuat slogan dan poster |
|
|
|
|
|
|
3 | Merangkum Bacaan |
|
|
| Membuat rangkuman bacaan populer |
|
|
|
|
|
|
4 | Berita | Menyimak berita dan memahami isinya | Berdebat tentang pro-krontra berkaitan dengan peristiwa yang diberitakan | · Membaca intensif untuk memahami pokok-pokok berita · Membacakan teks berita dengan baik | Menulis teks berita |
|
|
|
|
|
|
| Apresiasi Sastra | ||||
5 | Puisi |
| Menyajikan musikalisasi puisi |
| Menulis puisi Bebas |
6 | Novel remaja terjemahan |
|
| Membaca novel dan menentukan unsur-unsur intrinsiknya |
|
7 | Cerpen |
| Mendiskusikan alur dan nilai cerpen |
|
|
Ø
TUNTUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan :
1. berpartisipasi secara aktif dalam diskusi kelas dan kegiatan pembelajaran yang lain.
2. memiliki sikap pro-aktif dan kreatif selama pelajaran berlangsung serta di luar kegiatan pembelajaran.
3. selalu mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan secara tepat waktu.
KRITERIA PENILAIAN
Kompetensi siswa akan diukur berdasarkan :
· Tes
ü Kuis dan Ulangan Harian (30%)
Kuis
Kuis tes tertulis (paper and pencil test) dan bersifat mendadak/tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kuis berfungsi untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dan dapat diberikan lebih dari sekali. Kuis diberi nilai.
Ulangan Harian
Ulangan Harian pun merupakan tes tertulis (paper and pencil test) yang diberikan pada akhir bab. Bobot dan tingkat kesulitannya lebih tinggi dari kuis dan lebih bersifat uraian serta penjelasan.
ü Mid Tes dan Final Tes (30%)
Mid tes
Tes tertulis yang dilakukan di tengah-tengah Semester I dan Semester II. Materi mid diambil dari materi pelajaran yang telah disampaikan.
Final Tes (Ulangan Umum)
Tes tertulis dilakukan pada saat akhir Semester I. Bahan final tes Semester I meliputi seluruh pelajaran di Semester I.
· Tugas -tugas
ü Academic Prompt (20%)
Merupakan bentuk penilaian yang mengukur tingkat kognitif dan keterampilan siswa. Penilaian berdasarkan standar yang tertuang dalam rubrik. Academic Prompt tidak terintegrasi dengan pelajaran yang lain. Standar minimum penilaian meliputi: bobot/isi, penampilan (performa), sistematika, dan kreativitas. Waktu pengerjaan relatif singkat. Beberapa contoh meliputi: debat, diskusi, presentasi, menulis, mendengar, unjuk kerja, bermain peran, dll.
ü Projek (20%)
Projek bersifat kompleks dan menantang, menyerupai kondisi riil dalam kehidupan sehari-hari (simulasi dari keadaan riil orang dewasa). Rentang waktu pengerjaannya lebih panjang dibanding Academic Prompt. Penilaiannya menggunakan rubrik. Projek terintegrasi dengan bidang studi Pendidikan Agama, PKn, dan Bimbingan Konseling (BK), dan berupa tugas individu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar