Rabu, 02 Februari 2011

PROYEK BAHASA INDONESIA SMP SANTA LAURENSIA TAHUN PELAJARAN 2010-2011 KELAS : VIII SEMESTER : 2

I. NAMA PROYEK

Penulisan Berita dan Reportase

II. LATAR BELAKANG

Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Saat berita dilaporkan oleh wartawan laporan tersebut menjadi fakta / ide terkini yang dipilih secara sengaja oleh redaksi pemberitaan / media untuk disiarkan dengan anggapan bahwa berita yang terpilih dapat menarik khalayak banyak karena mengandung unsur-unsur berita (aktual/baru, kejadian terjadi di sekitar pembaca/ pemirsa, penting karena berpengaruh pada kehidupan langsung, kausalitas/ memiliki dampak yang besar, menimbulkan pertentangan/ konflik, peristiwa yang menegangkan, menampilkan inovasi baru atau perubahan, membangkitkan emosi, mengandung humor).

Sayangnya, tidak semua orang mengikuti perkembangan berita yang terjadi di sekitarnya. Akibatnya, mereka menjadi ketinggalan informasi yang penting sebagai pelengkap perkembangan wawasan seseorang. Sebagian besar dari mereka tidak menyadari bahwa suatu peristiwa merupakan kejadian yang penting atau menarik untuk diangkat menjadi sebuah berita.

Oleh karena itu, proyek ini akan melatih siswa untuk belajar mengenali peristiwa-peristiwa penting dan menarik yang terjadi di sekitar mereka dalam kehidupan sehari-hari mereka. Peristiwa tersebut akan diliput dan diolah menjadi sebuah berita yang akan disajikan baik secara lisan (reportase) dan tertulis (teks berita dalam Koran dinding).

III. TUJUAN

- Siswa mampu menuliskan peristiwa penting dan menarik (lihat unsur-unsur berita) selama melakukan Edu-Trip untuk disusun menjadi berita.

- Siswa mampu meliput suatu public area atau objek wisata disertai informasi yang berkaitan dengan liputan tersebut.

- Siswa mampu melakukan observasi dan wawancara dengan narasumber yang ditemui di lokasi objek liputan.

IV. GRASPS

Goal

- Siswa mampu menuliskan peristiwa penting dan menarik (lihat unsur-unsur berita) selama melakukan Edu-Trip untuk disusun menjadi berita.

- Siswa mampu meliput suatu public area atau objek wisata disertai informasi yang berkaitan dengan liputan tersebut.

- Siswa mampu melakukan observasi dan wawancara dengan narasumber yang ditemui di lokasi objek liputan.

Role

Siswa sebagai wartawan dan reporter yang sedang menjalankan tugasnya mencari berita

Audience

· Pimpinan Redaksi

Situation

Situasi dan kondisi public area dan objek wisata selama berlangsungnya Edu-Trip kelas VIII

Product

Siswa secara individual wajib :

· 2 berita

· 2 artikel atau feature (laporan hasil wawancara berbentuk naratif)

· Rekaman (format VCD/DVD) reportase dan wawancara

Standards

1. Rubrik menulis teks berita

2. Rubrik reportase

3. Rubrik wawancara

V. KATEGORI PROYEK

· Penyusunan teks berita dan rekaman reportase dikerjakan secara perorangan (individual).

· Pengerjaan liputan berita (reportase) dan wawancara terhadap narasumber dilakukan secara berkelompok (sesuai kelompok Edu-Trip). Fungsi kelompok hanya sebatas sebagai efisiensi kerja selama proses pengerjaan (peliputan).

· Pengambilan nilai proyek bidang studi Bahasa Indonesia akan dilakukan secara perorangan / Individual.

VI. DESKRIPSI PENGERJAAN

No.

Waktu

Deskripsi kegiatan

Bulan

Minggu

I. TAHAP PERSIAPAN

1

Februari

I

Penjelasan deskripsi kerja proyek bidang studi bahasa Indonesia.

Februari

II

Pembagian Tugas

· Siswa membentuk kelompok (sesuai dengan kelompok Edu-Trip)

· Pembagian tugas dalam kelompok untuk membawa perlengkapan rekaman, yaitu :

- Handycam (minimal 1 kelompok terdapat 1 handycam)

- Kamera

- Tape rekorder kecil (jika memungkinkan / tentatif)

- Laptop (bila memungkinkan untuk pengolahan data)

Penentuan dan Perincian Objek Liputan

· Setiap kelompok memilih (dalam undian) objek tempat yang akan menjadi target peliputan. Setiap kelompok minimal meliput 3 objek tempat (1 wajib; 2 diundi)

· Setiap kelompok berdiskusi untuk merinci topik-topik yang akan menjadi target liputan.

Contoh :

Objek : liputan candi Borobudur, topik khusus yang akan diliput:

- sejarah Borobudur,

- fungsi candi Borobudur,

- situasi dan kondisi saat ini,

- situasi pengunjung dan tanggapan mereka,

- keadaan toko-toko suvenir di sekitarnya

· Siswa dalam kelompok membagi topik tersebut sesuai dengan jumlah anggota kelompok.

· Catatan : setiap siswa wajib membuat liputan sesuai dengan topik yang didapatkan.

·

2

Februari

III

Persiapan Wawancara

Siswa secara individual

· merumuskan topik wawancara.

· menentukan sasaran narasumber yang akan dipilih.

· menyusun daftar pertanyaan yang akan diajukan dalam wawancara.

3

Februari

IV

Studi Literatur

· Siswa mencari referensi tambahan berkaitan informasi tentang objek yang dipilih (referensi dapat diambil dari buku, artikel di surat kabar/majalah/internet, ensiklopedia).

· Siswa mencatat informasi tersebut disertai identitas sumber referensinya.

Catatan

- Identitas buku meliputi : pengarang, tahun terbit, judul buku, tempat terbit : nama penerbit.

· Identitas artikel meliputi : pengarang, tahun terbit, judul artikel, nama situs/blog/surat kabar/majalah (untuk surat kabar atau majalah disertai edisi terbitnya)

· Setiap siswa mendiskusikan dalam kelompok Edu-Trip seluruh rencana kerja yang telah selesai dikerjakan.

· Setiap anggota kelompok saling mengingatkan hal-hal yang kurang atau masih perlu diperbaiki.

· Setiap siswa wajib mengumpulkan seluruh literatur berkaitan dengan objek-objek yang dipilih paling lambat 28 Maret 2011.

Melaporkan Hasil Kerja pada Tahap Persiapan

· Setiap siswa wajib melaporkan hasil kerja pada tahap persiapan ini, yaitu :

1. Anggota kelompoknya

2. 2 tempat yang akan dijadikan objek liputan dalam kelompok

3. Topik wawancara yang akan dilakukan selama melaksanakan Edu-Trip.

4. Sasaran nara sumber yang akan diwawancarai

5. Daftar pertanyaan yang telah dirumuskan.

· Hasil kerja pada tahap persiapan ini dikumpulkan paling lambat tanggal 25 Februari 2011 sebagai prasyarat mengikuti ulum mid bidang studi Bahasa Indonesia.

II. TAHAP PELAKSANAAN

4

Maret

II

Tahap pelaksanaan di bawah ini dilakukan pada saat siswa melakukan Edu-Trip.

Langkah-langkah yang harus dikerjakan siswa secara berkelompok, yaitu :

1. Membuat rekaman liputan

- Buatlah liputan tempat yang telah ditentukan

- durasi waktu liputan minimal 15 menit dengan memperhatikan 5 W 1 H dari tempat tersebut.

- Liputan tersebut dalam 2 versi : versi pertama, tanpa reporter (hanya meliput objek tempat dan kejadian di sekiatarnya), versi kedua, reporter menyampaikan hasil liputannya.

2. Mewawancarai

- Siswa mewawancarai narasumber (contoh : pengunjung, tourguide, petugas setempat, dll)

- Pertanyaan mengacu pada daftar pertanyaan yang telah dibuat pada tahap persiapan.

- Proses tanya-jawab tesebut direkam dan akan disatukan bersama rekaman reportase.

3. Menulis berita

- Siswa mencatat peristiwa yang sesuai dengan unsur-unsur berita dan layak untuk dijadikan berita.

- Perhatikan unsur 5 W 1 H sebagai acuan penulisan berita.

III. TAHAP PELAPORAN

5

Maret

III

Penulisan Berita

· Sepulang dari Edu-trip, siswa mengolah data berita yang telah diperoleh.

· Siswa menyusun data tersebut menjadi sebuah berita dengan memperhatikan kriteria penyusunan berita (lihat bagian V. Kriteria dan Penilaian)

· Teks berita yang telah selesai disusun dikumpulkan paling lambat tanggal 30 Maret 2011.

6

Maret

IV

Laporan hasil Wawancara

· Siswa mengolah hasil wawancara dan mengubahnya menjadi laporan hasil wawancara berbentuk teks narasi (feature, artikel, atau profil).

· Siswa wajib melampirkan hasil tanya-jawab dengan narasumber, baik dalam bentuk teks maupun rekaman audio/audio-visual.

· Laporan hasil wawancara dikumpulkan paling lambat tanggal 30 Maret 2011.

7

April

I

Laporan hasil Reportase

· Siswa secara perorangan mengolah hasil liputan dan menyusunnya menjadi sebuah laporan reportase.

· Laporan dalam bentuk rekaman audio-visual (VCD atau DVD) dan wajib diberi cover.

· Rekaman dapat dilakukan secara berkelompok dengan ketentuan sebagai berikut :

- Jumlah anggota kelompok 3-5 orang (boleh kelompok Edu-Trip atau bukan).

- Tujuan Edu-Trip boleh sama tetapi objek tempat yang diliput berbeda.

- Tujuan Edu-trip berbeda-beda

- Catatan ; paling diperhatikan adalah : setiap kelompok tidak boleh menampilkan objek yang sama.

- Penilaian tetap dilakukan secara individual.

· Rekaman hasil liputan/reportase dikumpulkan paling lambat tanggal 30 April 2011.

V. KRITERIA DAN PENILAIAN

A. KRITERIA

Penulisan Berita

· Struktur tampilan berita mengandung :

1. Judul berita (headline)

2. Baris tanggal

3. Teras berita (lead/intro)

4. Tubuh berita (news body)

· Isi berita mengandung 5 W + 1 H

· Laporan berita harus bersifat menyeluruh.

· Ketertiban dan keteraturan mengikuti gaya menulis berita.

· Tepat di dalam penggunaan bahasa dan tatabahasa.

· Ekonomi kata harus diterapkan

· Gaya penulisan harus hidup, punya makna, warna, dan imajinasi.

Laporan Hasil Wawancara

· Sasaran narasumber adalah pengunjung, petugas setempat, tourguide, penduduk setempat, dan lain-lain.

· Laporan naratif, berbentuk karangan :

- Artikel

Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur)

- Karangan khas (feature article)

Karangan khas adalah jenis tulisan yang menyampaikan fakta dengan cara ringan, menarik, dan menonjolkan fungsi menghibur tanpa terikat dengan aturan 5W+1H/ hal-hal yang terjadi pada waktu kejadiannya, namun tetap berfungsi informatif dan mendidik. Dalam bidang kewartawanan atau penulisan profesional karangan khas memiliki imbalan (nilai ekonomi) yang lebih tinggi dibandingkan dengan penulisan berita.

Ciri-ciri :

1. Pengutamaannya ringan dan imajinatif

2. Isi (umumnya) berupa gaya hidup/ kisah emosional.

3. Tulisan merupakan hasil kreativitas penulis

4. Subjektifitas penulis muncul dalam bentuk pemahaman/ penafsiran penulis.

Jenis :

1. Karangan khas yang menarik dan manusiawi

2. Biografi tokoh/ profil

3. Perjalanan

· Laporan diberi judul yang menarik yang relevan dengan topik.

Laporan Hasil reportase

· Pemberitaan atau reportase adalah laporan lengkap ataupun interpretatif (telah disajikan sebagaimana dianggap penting oleh redaksi pemberitaan) ataupun berupa pemberitaan penyelidikan (investigatif reporting) yang merupakan pengkajian fakta-fakta lengkap dengan latar belakang, trend/ kecenderungan, yang mungkin terjadi di masa mendatang.

· Durasi rekaman setiap siswa ± 5-10 menit.

· Rekaman dilakukan secara berkelompok (sesuai dengan kelompok Edu Trip)

· Format VCD atau DVD

· Cover depan berisi :

- Judul cover, contoh : Yogyakarta News

- gambar ilustrasi (dicuplik dari salah satu gambar terbaik)

· Cover belakang berisi :

- daftar isi objek liputan

- nama-nama anggota kelompok

B. PENILAIAN

Terlampir pada rubrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar